PENGARUH JENIS, SORTIMEN, MUTU, TEBANGAN, HARGA, TEMPAT, DAN BIAYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN KAYU

TAUFIK ROCHMANTO

Informasi Dasar

111 kali
21.05.078
658.401 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Abstrak

Industri perkayuan merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang memegang peranan penting dalam sektor kehutanan. Namun, sektor ini hanya tumbuh sebesar 3,66% sepanjang tahun 2019, dibandingkan tahun 2018 sebesar 4,25%. Kondisi ini juga dialami perusahaan dimana penjualan kayu mengalami penurunan sebesar 5,6% dengan penurunan pendapatan pada sektor kayu sebesar 3,3%. Sedangkan net profit mengalami penurunan sebesar 68,65%. Sementara itu, produksi kayu industri pada tahun 2019 meningkat sebesar 10,48%, dimana laju tanam juga meningkat sebesar 23,97%. Menurunnya pendapatan disaat laju produksi dan penanaman meningkat, menjadi dasar dalam tujuan penelitian ini. Dengan menganalisis pengaruh marketing mix 4P yaitu produk dan atributnya, harga, tempat, dan biaya promosi terhadap volume penjualan kayu pada bulan Juli -Desember 2019. Penelitian ini menggunakan data transaksi historis, yang diolahmenggunakan metode analisis regresi berganda. Lokasi cakupan penelitian yaitupada region Jawa yang meliputi, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kayu (X1), sortimen (X2), mutu (X3), tebangan (X4), dan harga (X5) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan kayu (Y). Sedangkan tempat (X6) dan biaya promosi (X7) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan kayu (Y). Namun secara simultan semua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan kayu (Y).

Kata Kunci: industri kayu, marketing mix 4p, volume penjualan, regresi linear berganda

Subjek

MARKETING MIX-MARKETING STRATEGY
 

Katalog

PENGARUH JENIS, SORTIMEN, MUTU, TEBANGAN, HARGA, TEMPAT, DAN BIAYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN KAYU
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAUFIK ROCHMANTO
Perorangan
Gadang Ramantoko, Indira Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini