STRATEGI MODEL TERINTEGRASI UNTUK RESOURCE OPTIMIZATION BERDASARKAN ALLOCATION AND LEVELING SUMBER DAYA MANUSIA DALAM INFORMATION TECHNOLOGY PROJECT MANAGEMENT (ITPM) (STUDI KASUS PADA DIREKTORAT PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI TELKOM UNIVERSITY BANDUNG)

CAESAREANO LAFADO YESA

Informasi Dasar

21.05.094
658.404
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak bulan Maret 2020 menyebabkan perubahan pola pendidikan dari offline menjadi pendidikan secara daring. Dimana institusi pendidikan berkewajiban untuk dapat memberikan sistem teknologi informasi yang handal dalam mendukung keberhasilan proses belajar mengajar secara daring melalui Information Technology Project Management (ITPM). Melalui ITPM, masih banyak organisasi yang mengalami permasalahan dalam pengelolaan sumber daya manusia, salah satunya adalah dimana semakin meningkatnya kegiatan ITPM yang tidak diikuti oleh optimalisasi pengelolaan sumber daya manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengelolaan sumber daya manusia secara optimal sehingga target-target ITPM pada suatu organisasi dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui project identification yang dimulai dari critical path, project risk dan project scope. Pengelolaan sumber daya manusia berdasarkan allocation dan leveling, serta membuat strategi model perencanaan sumber daya manusia secara optimal (resource optimization) terintegrasinya berdasarkan allocation dan leveling sumber daya manusia dalam ITPM. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif (descriptive research), menganalisis variable, dokumen internal organisasi dan wawancara mendalam yang dilakukan pada orang-orang yang berhubungan langsung dan pengambil keputusan pada proses bisnis dari ITPM pada industri pendidikan. Selanjutnya untuk menguji validitas data akan dilakukan triangulasi sumber dari narasumber direktur dan manajer, asisten manajer serta narasumber expert external organisasi. Setelah dilakukan pengolahan dan analisis data diketahui bahwa project identification yang dimulai dengan identifikasi critical path, project risk dan project scope adalah kunci sukses dalam mengidentifikasi project dalam organisasi. Mekanisme proses allocation dan leveling dalam pengelolaan sumber daya manusia project yang baik diperlukan untuk meningkatkan output dan pencapaian target organisasi. Strategi model terintegrasi untuk resource optimization berdasarkan allocation dan leveling sumber daya manusia diusulkan sebagai upaya untuk menjadi pedoman dalam perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan manajemen sumber daya manusia dalam project, khususnya manajer dalam lingkup project management di industri pendidikan.

Kata Kunci: Education; Project Management; ITPM; Critical Path; Project Risk; Project Scope; Allocation; Leveling; Resource Optimization.

Subjek

PROJECT MANAGEMENT IN INFORMATION TECHNOLOGY
 

Katalog

STRATEGI MODEL TERINTEGRASI UNTUK RESOURCE OPTIMIZATION BERDASARKAN ALLOCATION AND LEVELING SUMBER DAYA MANUSIA DALAM INFORMATION TECHNOLOGY PROJECT MANAGEMENT (ITPM) (STUDI KASUS PADA DIREKTORAT PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI TELKOM UNIVERSITY BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CAESAREANO LAFADO YESA
Perorangan
Dodie Tricahyono, Ratih Hendayani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini