Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian karyawan terhadap budaya organisasi yang terdiri dari 7 dimensi dan mengetahui tipe budaya organisasi di PT. Oryza Sativa Abadi. Adanya budaya organisasi ini sangat penting karena menjadi pedoman atau landasan untuk menyatukan karyawan agar selaras mencapai tujuan perusahaan. Budaya organisasi merupakan sebuah persepsi umum yang dipegang oleh anggota organisasi, suatu sistem tentang kepentingan bersama (Robbins, 2017). Menurut Fiordelisi (2014) budaya organisasi memiliki 4 jenis tipe yaitu clan culture, adhocracy culture, hierarchy culture dan market culture.
Pada penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian ilmiah guna memahami suatu fenomena dalam sudut pandang sosial secara alamiah dengan pendekatan deduktif. Pendekatan kualitatif yang digunakan adalah pendekatan kualitatif fenomenologi. Penelitian berdasarkan paradigm positivisme adalah penelitian yang memungkinkan penulis memprediksi dan mengendalikan fenomena, benda fisik atau manusia. Penelitian menggunakan penelitian survei dengan mengumpulkan data menggunakan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi PT. Oryza Sativa Abadi yang cenderung masuk ke dalam kategori clan culture di lihat dari nilai-nilai yang di terapkan PT. Oryza Sativa Abadi seperti speed, impact and fun yang berorientasi kepada team orientation yang dilihat dari 7 dimensi menurut Robbins & Judge (2017). Hal ini di lihat dari pengambilan keputusan dalam perusahaan yang melibatkan karyawan secara penuh, artinya karyawan di dorong oleh perusahaan untuk berdiskusi dalam pengambilan sebuah keputusan.
Keyword: Manajemen, Sumber daya manusia, Budaya organisasi dan Tipe budaya organisasi.