ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai Strategi Marketing Public Relations Disdagin dalam mengelola event Pasar Kreatif Bandung 2020. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi Strategi Marketing Public Relations yang dilakukan oleh Disdagin dalam mengelola event Pasar Kreatif Bandung 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan konsep three ways strategy menurut Ruslan (2006) dan peneliti juga menggunakan model tahapan manajemen event menurut Goldblatt (2013). Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan cara melakukan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi marketing public relations yang dilakukan oleh Disdagin yaitu pull strategy, yang digunakan untuk menarik perhatian masyarakat dengan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak. Kemudian melakukan push strategy dengan cara mendorong seluruh peserta UMKM dan pegawai Kantor Disdagin untuk mempromosikan adanya penyelenggaraan event Pasar Kreatif Bandung 2020. Langkah selanjutnya yaitu pass strategy yang dilakukan Disdagin adalah dengan cara mengadakan kegiatan sosialisasi kepada peserta UMKM. Dalam mengelola event Pasar Kreatif Bandung 2020 ini Disdagin juga melakukan beberapa tahapan manajemen event seperti terlebih dahulu melakukan research untuk menentukan alasan pelaksanaan event, lokasi dan waktu penyelnggaran serta menentukan pihak yang akan terlibat. Lalu melakukan tahapan design untuk menentukan konsep pameran hingga design logo, poster dan lainnya. Planning, dimulai dengan pemilihan peserta UMKM sampai menentukan pihak yang akan menjadi penanggungjawab. Coordination, Disdagin melakukan koordinasi melalui grup WhatsApp. Evalution, membuat buku laporan hasil penyelenggaraan event Pasar Kreatif Bandung 2020.
Kata Kunci: manajemen event, pasar kreatif bandung 2020, strategi marketing public relations.