Pengaruh Komunikasi Instruksional dalam Pembelajaran Daring melalui Zoom terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa (Studi Kuantitatif Pada Mata Kuliah Produksi Program Radio Telkom University)

ELYCIA MONICA DAMAYANTI

Informasi Dasar

21.04.3152
302.207
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia, Mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2018 telkom university yang sedang mengambil mata kuliah produksi program radio melakukan komunikasi pembelajaran secara daring dengan menggunakan media zoom. Dalam kegiatan pembelajaran nya, terdapat proses komunikasi untuk menyampaikan pesan edukatif dari pendidik kepada mahasiswa yang bertujuan agar pesan yang disampaikan oleh pendidik dapat diterima dengan baik sehingga mempengaruhi pengetahuan dan perubahan perilaku mahasiswa, Maka dari itu kesuksesan kegiatan pembelajaran sangat bergantung pada efektifnya proses komunikasi yang terjadi. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat komunikasi instruksional yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran daring melalui zoom dan seberapa besar pengaruh dari komunikasi instruksional dalam pembelajaran daring terhadap perilaku belajar mahasiswa. Dalam penelitian ini mengambil populasinya adalah mahasiswa ilmu komunikasi telkom university yang sedang mengambil mata kuliah produksi program radio. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 61 orang dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang menentukan beberapa hipotesis yang akan diuji. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh dari efektifnya komunikasi instruksional dalam pembelajaran daring melalui zoom sebesar 52,56% terhadap meningkatnya perilaku belajar mahasiswa yang didukung oleh faktor-faktor seperti Kejelasan pesan, Lengkap dan sistematis dan Keakuratan pesan. Sedangkan sisanya sebesar 47,44% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Komunikasi Instruksional, Efektifitas Komunikasi, Pembelajaran Daring, Zoom, Perilaku Belajar.

Subjek

Communication in education
 

Katalog

Pengaruh Komunikasi Instruksional dalam Pembelajaran Daring melalui Zoom terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa (Studi Kuantitatif Pada Mata Kuliah Produksi Program Radio Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELYCIA MONICA DAMAYANTI
Perorangan
Nofha Rina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini