Perilaku Komunikasi Pengguna Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile (Studi Fenomenologi Mengenai Pengalaman Pengguna Telekonsultasi Halodoc)

INDIRA TASYA

Informasi Dasar

21.04.3159
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia menjadi alasan mengapa banyaknya startup aplikasi kesehatan bermunculan. Halodoc merupakan salah satu aplikasi layanan kesehatan berbasis mobile yang hadir di Indonesia untuk memberikan kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya layanan konsultasi dokter secara daring, pengguna Halodoc dapat melakukan komunikasi melalui panggilan telepon, chat, atau video call baik dengan dokter umum maupun dokter spesialis. Hal tersebut merupakan sebuah pengalaman baru dalam dunia kesehatan di Indonesia (konsultasi secara daring) sehingga dapat memberi pengalaman baru yang dapat meningkatkan akses layanan kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, pengalaman komunikasi pengguna Halodoc tidak lepas karena adanya pengaruh kondisi kesehatan yang menjadi penentu untuk melakukan telekonsultasi atau tidak. Kemudian pemilihan dokter berdasarkan informasi yang tertera pada aplikasi Halodoc, seperti pengalaman, rating yang didapat, pendidikan, melihat profile picture, serta gender. Selanjutnya perilaku komunikasi yang terjadi melalui aplikasi Halodoc dilakukan secara verbal melalui chat dan nonverbal dengan mengirim gambar kepada dokter. Komunikasi yang dilakukan oleh pengguna Halodoc hanya terbatas pada mengirim teks kepada dokter karena dirasa lebih nyaman dibandingkan harus melalui video call.

Subjek

COMMUNICATION BEHAVIOUR
 

Katalog

Perilaku Komunikasi Pengguna Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile (Studi Fenomenologi Mengenai Pengalaman Pengguna Telekonsultasi Halodoc)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDIRA TASYA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini