Perkembangan teknologi yang pesat sangat pengaruhi kegiatan serta style hidup masyarakat dari bermacam golongan, dimana nyaris seluruh aspek kehidupan telah memakai teknologi. Perkembangan yang pesat ini berlangsung oleh manfaat teknologi tersebut dalam memudahkan kehidupan masyarakat, contohnya handphone. Disaat ini handphone terlebih lagi dianggap sebagai barang yang krusial untuk dimiliki oleh tiap orang. Perihal ini menjadi kesempatan untuk masyarakat guna membuka bisnis dalam bidang teknologi. Misalnya toko Sumbar Smartphone, yang berlokasi di Kota Padang, sediakan berbagai macam produk teknologi seperti handphone, laptop serta yang lain. Guna meraih kesuksesan dalam berbisnis, pastinya kita wajib memikirkan faktor- faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan bisnis kita, misalnya promosi yang dicoba dan juga harga yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan harga produk handphone terhadap keputusan pembelian oleh konsumen di toko Sumbar Smartphone Padang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini merupakan pengunjung yang membeli produk secara offline yang jumlahnya tidak dikenal secara pasti. Teknik sampling memakai teknik non- probability jenis purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan kuesioner dengan skala Likert sebagai pengukuran. Kuesioner dibuat dan disebarkan secara online. Teknik analisis data yang digunakan pada riset ini merupakan analisis regresi linier berganda serta diolah menggunakan SPSS 25 For Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner mempunyai hasil valid, sedangkan hasil uji realibilitas variabel promosi dan harga adalah reliable (Cronbach Alpha > 0.6). Secara parsial disimpulkan bahwa promosi dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai koefisien pada variabel promosi yaitu 8.270>1.984 dengan sig. 0.000<0.05 dan hasil nilai koefisien pada variabel harga yaitu 2.434>1.984 dengan sig. 0.017<0.05. Promosi dan Harga secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian sebesar 42.9%, sedangkan sisanya 57,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Promosi, Harga, Keputusan Pembelian