Perkembangan teknologi telah membawa suatu perubahan kebutuhan
oleh masyarakat atas suatu alat pembayaran yang dapat memenuhi kecepatan,
ketepatan, dan keamanan dalam setiap transaksi elektronik. Sejarah
membuktikan perkembangan alat pembayaran terus berubah-ubah bentuknya,
mulai dari bentuk logam, uang kertas konvensional, hingga alat pembayaran kita
telah mengalami evolusi berupa data yang dapat ditempatkan pada suatu wadah
atau disebut dengan alat pembayaran elektronik. Hal tersebut mempengaruhi
sikap masyarakat terutama generasi milenial dalam gaya hidup konsumtifnya.
Aktifitas tersebut merupakan kebiasaan milenial yang dilakukan demi
kemudahan sehingga berdampak pada gaya hidup konsumtifnya. Karakteristik
milenial yang cenderung berlaku impulsive dan peka terhadap invasi-inovasi
baru.
Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif verifikatif,
digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau
menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa
bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.
Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda karena bermaksud
menyatakan hubungan linear antara dua variabel dimana salah satu variabel
dianggap mempengaruhi variabel yang lain. Sebelum dilakukan analisis
hipotesis, dilakukan uji prasyarat melalui uji normalitas, uji heteroskedastisitas,
dan uji autokorelasi.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah
Accidental Sampling dan diolah menggunakan Statistical Product and Service
Solutions (SPSS). Berdasarkan hasil hipotesis variabel perilaku konsumen
terhadap keputusan penggunaan terbukti perilaku konsumen pengguna layanan
E-money diarea parkir Gramedia Kota Semarang menghasilkan nilai persentase
sebesar 85,73% dan keputusan konsumen terhadap penggunaan layanan Emoney diarea parkir Gramedia Kota Semarang menghasilkan nilai persentase
sebesar sebesar 87,66% berarti variabel perilaku konsumen berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan penggunaan.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Penggunaan, E-Money