Sekolah adalah salah satu institusi penting dalam meraih pendidikan dan
membentuk kriteria serta karakter anak-anak dan remaja di masa depan. Untuk itu
diperlukan informasi yang terstruktur dan akurat mengenai sisi bagus dan layaknya
suatu sekolah agar memberikan dampak positif di pandangan masyarakat sekitar
maupun luar. Saat ini, layanan informasi berbasis web menjadi sebuah sarana dalam
menerima informasi umum bagi masyarakat pada umumnya terutama juga terhadap
kalangan anak-anak muda dan remaja. Dikarenakan hal tersebut, maka dilakukan
penelitian dan pembaharuan terhadap website SMAN 1 Tambang, yang berlokasi
di Kabupaten Kampar, Pekanbaru. Saat ini, SMAN 1 Tambang ingin melakukan
sebuah pembaharuan terhadap website sekolah agar informasi yang ditampilkan
dapat memenuhi kebutuhan para pengguna. Berdasarkan hasil dari analisis dan
wawancara, implementasi website sekolah tersebut masih jauh dari kata baik dalam
hal antarmuka website, hal tersebut dikarenakan tidak terpenuhinya kebutuhan
pengguna dan kekurangan terhadap tampilan desain website. Oleh karena itu,
diterapkan metode User Centered Design dalam merancang ulang user interface
sebagai metode utama. Selain itu pengujian dinilai berdasarkan usability testing
yang terdiri dari kemudahan penggunaan, kemudahan mempelajari, tingkat
kegunaan, dan kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian dengan
mengimplementasikan User Centered Design dan aturan desain HHS Guidelines,
maka diperoleh sebuah hasil peningkatan nilai usability yang signifikan dari nilai
awal dibandingkan dengan nilai akhir. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil akhir
pengujian usability yang mencapai nilai hingga 75,52% yang cukup tinggi
dibandingkan dengan nilai awal usability yang hanya sebesar 47,57%, sehingga
aktifitas perancangan ulang dapat diartikan sudah memenuhi sebuah standar
usability yang baik terhadap pengguna.