Perancangan Desain Interaksi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Pelajar Tunanetra berdasarkan User Experience dengan Pendekatan Berbasis Skenario

NI LUH MADE DITA ANJANI

Informasi Dasar

107 kali
21.04.3281
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pandemi COVID-19 saat ini memaksa kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh. Pelajar tunanetra mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran menggunakan metode ini dikarenakan keterbatasan visual. Kegiatan pembelajaran seperti mencari informasi tugas atau mengakses materi dalam bentuk file yang terkadang tidak terbaca oleh screen reader menjadi permasalahan yang telah ditemukan. Fakta ditemukan bahwa interaksi yang digunakan selama Pembelajaran Jarak Jauh kini belum support untuk pelajar tunanetra. Maka dari itu, interaksi menjadi fokus utama pada riset ini. Riset ini penting dilakukan demi kelancaran pelajar tunanetra dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Pada riset ini ditemukan cara interaksi yang tepat dengan menggunakan metode pendekatan berbasis skenario. Pendekatan ini dilakukan karena skenario bersifat ringan untuk dibayangkan kemungkinan penggunaan di masa mendatang. Riset ini menghasilkan rekomendasi desain interaksi untuk pelajar tunanetra selama kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Setelah dilakukan pengujian terhadap desain interaksi, dihasilkan usability yang dapat diterima oleh pelajar tunanetra.

Subjek

Human computer interaction
 

Katalog

Perancangan Desain Interaksi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Pelajar Tunanetra berdasarkan User Experience dengan Pendekatan Berbasis Skenario
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI LUH MADE DITA ANJANI
Perorangan
Mira Kania Sabariah, Veronikha Effendy
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini