SISTEM REKOMENDASI FILM MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (MOVIE RECOMMENDATION SYSTEM USING SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)

GILANG ARIEVANDA PRATAMA

Informasi Dasar

21.04.3326
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa ini, Internet telah menjadi salah satu hal utama dalam kehidupan manusia. Internet telah masuk kedalam banyak aspek dikehidupan sehari-hari. Hal ini tidak lepas dari pergeseran trend industri menuju industri 4.0 dimana hampir seluruh industri saat ini berlomba lomba untuk men-digitalisasikan seluruh aspek bisnisnya. Seperti halnya aspek industri, digitalisasi pun turut mengubah trend atau kebiasaan dalam menikmati hiburan. Untuk saat ini, trend tersebut mulai bergeser dan tergantikan melalui platform streaming berbasis internet. Platform streaming ini akan terasa lebih personal mengingat sistem akan merekomendasikan tayangan yang dirasa sesuai dengan minat pengguna dan berdasarkan histori atau riwayat tayangan terakhir yang ditonton oleh pengguna. Dalam tugas akhir ini berfokus pada sistem rekomendasi menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Simple Additive Weighting (SAW) atau yang sering disebut juga dengan metode penjumlahan terbobot adalah salah satu metode yang paling sering digunakan untuk Multi Attribute Decision Making. Pengujian pada aplikasi ini menggunakan metode alpha dan beta. Pada pengujian alpha terlihat bahwa sistem yang dibangun dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pada pengujian beta dihasilkan tingkat kepuasan sebesar 85.8%.

Kata Kunci: Sistem rekomendasi, Multi Attribute Decision Making, SAW (Simple Additive Weighting).

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

SISTEM REKOMENDASI FILM MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (MOVIE RECOMMENDATION SYSTEM USING SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GILANG ARIEVANDA PRATAMA
Perorangan
TITO WALUYO PURBOYO, RATNA ASTUTI NUGRAHAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini