Industri yang bergerak di bidang pariwisata merupakan salah satu cara untuk memajukan perekonomian masyarakat. Desa Wisata Alam Endah merupakan sebuah program yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi Desa Alamendah dengan berbasis lingkungan atau green economy dengan mengubahnya menjadi sebuah lokasi untuk tujuan wisata. Saat ini, salah satu fokus Desa Wisata Alamendah adalah menjual wisata-wisata yang dikemas dalam paket yang dapat dipilih oleh konsumen. Sebagai alternatif untuk mempermudah proses, maka dibangun sebuah website dan aplikasi untuk transaksi penjualan tiket Desa Wisata Alamendah. Konsumen tidak hanya melakukan kontak ke Whatsapp Desa Wisata Alamendah untuk melakukan pemesanan tiket, namun juga ada yang menghubungi untuk sekadar bertanya mengenai informasi yang berkaitan dengan Desa Wisata Alamendah. Di sisi lain, pelanggan membutuhkan respon yang cepat dari pihak penjual sehingga dapat secepatnya melakukan pembelian. Aspek ini sangat penting untuk dikembangkan oleh organisasi atau perusahaan, termasuk pemasaran di sektor pariwisata. Chatbot merupakan salah satu jenis dari kecerdasan buatan. Chatbot dapat digunakan untuk menerapkan pemasaran secara digital dan memenuhi tujuan dari pemasaran digital. Chatbot website aplikasi Desa Wisata Alamendah dibuat dengan platform NLP Dialogflow dengan menggunakan metode extreme programming. Chatbot tersebut diharapkan dapat menjadi alat untuk pemasaran digital dan pelayanan konsumen untuk Desa Wisata Alamendah.