PENGEMBANGAN SISTEM ERP DAN DASHBOARD SUSTAINABLE SCM MODUL ACCOUNTING PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (Studi Kasus: CV. Surya Wahana Leather)

PUTU PRIYANKA SONIA DEWI

Informasi Dasar

21.04.3337
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri penyamakan kulit adalah salah satu industri pendukung ekonomi masyarakat di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Terdapat perusahaan UMKM di bidang penyamakan kulit yang aktif dalam menjalankan proses bisnisnya. CV. Surya Wahana Leather adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri penyamakan kulit. Dengan produk utama yang diproduksi oleh perusahaan ini meliputi jenis kulit sapi, kulit kambing dan kulit domba. Produksi kulit ini sebagai bahan sepatu dan barang yang daerah pemasarannya meliputi Daerah Bandung, Jakarta, Bogor hingga Bali. Dengan proses bisnis yang cukup beragam CV. Surya Wahana Leather belum didukung oleh sistem informasi yang memadai. Sebagai perusahaan di bidang industri yang menghasilkan limbah industri dengan jumlah yang cukup banyak, CV. Surya Wahana Leather harus mempertimbangkan dan memastikan proses bisnis yang berlangsung tidak merusak lingkungan dan memastikan sejalan dengan pembangunan yang berkelanjutan sehingga tidak merusak dan mencemari lingkungan di sekitarnya. CV. Surya Wahana Leather belum mempertimbangkan standarisasi ramah lingkungan secara pasti dan tidak ada sistem yang membantu dalam melakukan pencatatan serta pertukaran antar data yang berlandaskan pembangunan yang berkelanjutan. Pencatatan dan pertukaran data masih menggunakan metode konvesional menggunakan kertas sebagai dokumen fisik. Dan pencatatan yang belum terstruktur dan memungkinkan terjadinya human error. Penelitian ini berfokus pada pengembangan sistem ERP dan Dashboard Monitoring Sustainable SCM Pada Industri Penyamakan Kulit modul accounting menggunakan software Odoo modul accounting dan metode Quickstart. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sistem ERP yang terintegrasi dengan modul purchasing, sales, warehouse dan reverse logistics. Dengan laporan keuangan pada sistem accounting yang mencakup general ledger, balance sheet, trial balance, profit and loss serta environmental cost. Kata kunci—ERP, Sustainability Acconting, Dashboard, Quickstart Methodology

Subjek

SUSTAINABLE DEVELOPMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM ERP DAN DASHBOARD SUSTAINABLE SCM MODUL ACCOUNTING PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (Studi Kasus: CV. Surya Wahana Leather)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTU PRIYANKA SONIA DEWI
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini