Endorsement adalah bentuk iklan yang menggunakan kepribadian atau selebritas terkenal
yang menuntut pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran tinggi di antara orang-oran
atau target konsumen. Fenomena Endorse ini tak lain dan tidak bukan adalah salah satu bentuk
promosi yang dilakukan online shop untuk menggaet konsumen baru.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat daya tarik,
kepercayaan, dan keahlian celebrity endorsement pada Glamping Lakeside Rancabali. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan Teknik Structural
Equation Modelling (SEM) yang digunakan sebagai teknik analisis dan melibatkan 200
pengunjung pengunjung Lakeside Glamping Rancabali. Kuesioner yang digunakan dalam
penelitian ini memiliki skala likert 5 titik dengan 28 pertanyaan. Metode sampel yang digunakan
yaitu purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Daya tarik, kepercayaan, dan keahlian
celebrity endorsement yang dipasang pada Instagram oleh Glamping Lakeside Rancabali dari
persepsi pengunjung memiliki besar tingkatan yang baik. Terdapat pengaruh signifikan daya tarik
terhadap variabel laten endogen citra merk. Terdapat pengaruh signifikan kepecayaan terhadap
variabel laten endogen citra merk. Terdapat pengaruh signifikan keahlian terhadap variabel laten
endogen citra merk. Terdapat pengaruh signifikan citra merek terhadap variabel laten endogen
minat kunjung.