PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL-BUDAYA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA PADA WANITA WIRAUSAHA UMKM KOTA CIMAHI

FARRELL FACHRIADI PUTRA

Informasi Dasar

21.04.3348
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di Indonesia, perkembangan jumlah UMKM selalu meningkat setiap tahunnya, termasuk wirausaha wanita. Akan tetapi, walaupun jumlah wirausaha wanita di Indonesia juga ikut meningkat setiap tahun nya, data menunjukan bahwa jumlah itu belum bisa menyaingi dengan jumlah wirausaha pria di Indonesia. Dalam menjalankan usaha, wanita seringkali dihadapkan dengan masalah spesifik seperti pengaruh lingkungan sosial dan budaya dalam kehidupan disekitarnya yang kemudia dapat berpengaruh terhadap niat berwirausaha wanita. Selain itu, niat berwirausaha wanita juga dipengaruhi oleh karakterisktik kognitif dan psikologis, seperti adanya sikap inovatif, sifat proaktif, dan keberanian mengambil risiko.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh lingkungan sosial-budaya dan orientasi kewirausahaan terhadap niat berwirausaha wanita di Kota Cimahi.

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, dan metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 245 responden. Kuesioner yang digunakan memiliki skala likert 6 titik dengan 38 pertanyaan. Metode sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan teknik sampel acak sederhana. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan eksplanatif.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel lingkungan sosial-budaya berhubungan positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha baik secara langsung maupun dimediasi oleh orientasi kewirausahaan, variabel lingkungan sosial-budaya juga berhubungan positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan, serta variabel orientasi kewirausahaan juga berhubungan positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha.

Kata Kunci: Lingkungan Sosial-Budaya, Orientasi Kewirausahaan, Niat Berwirausaha

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL-BUDAYA DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA PADA WANITA WIRAUSAHA UMKM KOTA CIMAHI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARRELL FACHRIADI PUTRA
Perorangan
GRISNA ANGGADWITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini