PENGEMBANGAN SISTEM ERP DAN DASHBOARD SUSTAINABLE SCM MODUL WAREHOUSE PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS: CV SURYA WAHANA LEATHER)

NABILA ZHAFIRAH PUTRI

Informasi Dasar

21.04.3387
658.312 404
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri penyamakan kulit berkontribusi dalam mendorong perekonomian nasional. Salah satu industri penyamakan kulit di Indonesia yaitu CV Surya Wahana Leather yang terletak di Kota Garut. CV Surya Wahana Leather mengolah kulit mentah dari hewan seperti sapi, kambing, dan domba untuk dijadikan kulit samak. Proses pengolahan tersebut menggunakan bahan kimia dan sumber daya air yang besar sehingga berpotensi mencemari lingkungan. Untuk mencegah pencemaran lingkungan yang berbahaya, industri penyamakan kulit harus menerapkan sustainable supply chain management (SSCM). Salah satu bagian yang berperan dalam aktivitas supply chain management adalah warehouse. Warehouse pada CV Surya Wahana Leather mengelola seluruh kegiatan keluar masuk barang dan penyimpanan barang mulai dari bahan baku hingga limbah produksi. Kegiatan pada bagian warehouse juga tidak lepas kaitannya dengan proses bisnis pada bagian lain di CV Surya Wahana Leather. Pada penelitian sebelumnya telah dikembangkan sistem ERP untuk bagian warehouse yang terintegrasi dengan bagian procurement, production, dan sales and distribution. Sehingga pada penelitian ini akan dilakukan integrasi tambahan yaitu dengan bagian waste management, reverse logistic, dan accounting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem ERP dan dashboard pada bagian warehouse guna mendukung penerapan SSCM di CV Surya Wahana iii Leather. Sistem ERP yang digunakan pada penelitian ini yaitu Odoo. Odoo digunakan untuk mengelola transaksi bisnis warehouse secara terintegrasi dan real-time. Data-data pada Odoo akan dijadikan informasi yang dapat ditampilkan pada dashboard. Dashboard akan dibangun menggunakan business intelligence (BI) tools yaitu Power BI. Dashboard ini berfungsi untuk melakukan pemantauan warehouse dalam penerapan SSCM di CV Surya Wahana Leather. Metode yang digunakan pada pengembangan sistem ERP dan dashboard ini adalah metode quickstart. Hasil dari penelitian ini adalah sistem Odoo yang terintegrasi dalam menjalankan proses bisnis bagian warehouse CV Surya Wahana Leather dengan penerapan indikator sustainable pada produk, kemasan, limbah, dan penggunaan listrik di warehouse. Indikator-indikator tersebut dapat dimonitor melalui dashboard sehingga CV Surya Wahana Leather dapat mengukur performa perusahaan dalam penerapan SSCM secara menyeluruh. Kata kunci—ERP, dashboard, SSCM, Odoo, Quickstart

Subjek

SUSTAINABLE DEVELOPMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM ERP DAN DASHBOARD SUSTAINABLE SCM MODUL WAREHOUSE PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS: CV SURYA WAHANA LEATHER)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILA ZHAFIRAH PUTRI
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini