Wabah virus coronavirus disease telah menyebar keseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Berbagai industri turut merasakan dampak negatif dari penyebaran virus yang telah ditetapkan sebagai wabah pandemi ini, salah satunya perekonomian yang diperkirakan akan memasuki jurang resesi. Maka dari itudalam kondisi pandemik seperti ini, masyarakat tidak hanya dituntut untuk menerapkan gaya hidup sehat namun juga gaya hidup hemat untuk dapat terus bertahan. Gaya hidup hemat merupakan gaya hidup yang meminta masyarakat untuk berbelanja sesuai kebutuhan dan mengurangi sifat konsumtif, terhadap kebutuhan-kebutuhan sekunder sampai tersier seperti pakaian, otomotif, dan hobi. Menurut hasil wawancara dengan beberapa masyarakat Indonesia yang merupakan wanita karir aktif dan telah menerapkan gaya hidup hemat, mereka cenderung membeli barang- barang dengan kualitas yang bagus namun dapat bertahan lama. Istilah slow fashion hadir sebagai bentuk pertimbangan penggunaan busana dalam jangka waktu yang lama dan bersifat timeless. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data berupa studi literatur terkait gaya hidup hemat dan slow fashion, observasi serta wawancara kepada beberapa target wanita karir aktif yang telah menjalani gaya hidup hemat, serta eksplorasi pada material, desain, sesuai dengan konsep dan selera target market. Hasildari produk ini ditujukan kepada wanita karir aktif yang seringkali membutuhkan pakaian untuk dapat memenuhi berbagai acara mulai dari kasual hingga formal. Selain itu pembuatan usaha brand lokal dengan produk busana yang bersifattimeless ditujukan untuk para wanita karir aktif. Pengembangan dari busana wanita ini berupa produk yang sesuai selera konsumen dan dapat digunakan untuk berbagai keadaan secara kasual hingga formal dengan tambahan eksplorasi seperti patchwork yang masih bersifat wearable, serta peluang usahanya di Indonesia. Selain mempertimbangkan secara desain, material yang digunakan adalah material yang mendukung terciptanya busana wanita yang bersifat timeless seperti material alami.
Kata Kunci: Gaya Hidup Hemat, Slow fashion, Patchwork, Peluang Bisnis