PENGEMBANGAN SISTEM ERP DAN DASHBOARD SUSTAINABLE SCM MODUL PROCUREMENT PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS CV SURYA WAHANA LEATHER)

ICCA MITA MONICA

Informasi Dasar

21.04.3453
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri manufaktur merupakan industri yang memperhatikan setiap tahapan proses dalam aktivitas bisnisnya. Salah satunya adalah industri penyamakan kulit. Tingginya populasi dan kapasitas produksi ternak di Kabupaten Garut, mengawali tumbuh kembangnya industri penyamakan kulit di Kabupaten Garut. CV Surya Wahana Leather merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri penyamakan kulit yang berlokasi di Garut, Jawa Barat. Dalam menjalankan proses bisnisnya terutama pada bagian pengadaan, perusahaan masih belum memiliki sistem terintegrasi yang dapat mendukung kegiatan bisnis perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien serta mudah dipantau. Proses permintaan pembelian material, pembuatan dokumen pembelian, dan kegiatan pengadaan lainnya masih dilakukan secara konvensional menggunakan dokumen fisik dan tidak saling terintegrasi dengan divisi lainnya. Disamping itu, industri penyamakan kulit juga merupakan salah satu industri manufaktur yang dinilai tidak ramah lingkungan karena limbah yang dihasilkan dapat menimbulkan pencemaran yang mengancam ekosistem lingkungan.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penerapan Manajemen Rantai Pasok Berkelanjutan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi rantai pasok suatu perusahaan untuk mewujudkan industri yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi terintegrasi untuk bagian pengadaan dengan menggunakan sistem yang berbasis Enterprise Resource Planning (ERP), serta melakukan perancangan dashboard agar proses bisnis dapat lebih efektif, efisien, dan tentunya mampu mengelola Manajemen Rantai Pasok Berkelanjutan dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode QuickStart. Hasil dari penelitian ini berupa sistem ERP menggunakan aplikasi Odoo dan juga dashboard menggunakan aplikasi Power BI pada proses bisnis pengadaan untuk mendukung penerapan Manajemen Rantai Pasok Berkelanjutan pada CV Surya Wahana Leather.

Kata kunci— ERP, Sustainable Procurement, Odoo, Dashboard , Metode QuickStart

Subjek

SUSTAINABLE DEVELOPMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM ERP DAN DASHBOARD SUSTAINABLE SCM MODUL PROCUREMENT PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS CV SURYA WAHANA LEATHER)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ICCA MITA MONICA
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini