PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI KEGIATAN MAHASISWA BERDASARKAN PREDIKSI MASA TUNGGU LULUSAN UNIVERSITAS TELKOM MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE (ALGORITMA CART)

RANI GUSTI ANGESTI

Informasi Dasar

21.04.3496
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan di dunia kerja semakin ketat, perguruan tinggi harus mempersiapkan lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja. Standar profil lulusan yang dapat dijadikan penilaian yaitu masa tunggu mahasiswa. Target masa tunggu mahasiswa yang ideal yaitu masa tunggu yang kurang dari sama dengan tiga bulan. Beberapa faktor yang memengaruhi masa tunggu yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), masa studi mahasiswa, dan keaktifan berorganisasi. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat model prediksi masa tunggu berdasarkan faktor yang memengaruhinya. Hasil dari model prediksi yang sudah dibuat dijadikan dasar untuk perancangan sistem rekomendasi kegiatan untuk mahasiswa.

Model prediksi masa tunggu dibangun berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhinya yaitu masa studi, IPK, keaktifan organisasi, dan prestasi mahasiswa. Data-data tersebut dilakukan data pre-processing terlebih dahulu sesuai kaidah data mining sebelum dibuat model prediksinya. Data setelah dilakukan pre-processing, kemudian dilakukan splitting data menjadi data training dan testing. Pada Tugas Akhir ini, untuk membangun model prediksi digunakan metode klasifikasi decision tree algoritma Classification and Regression Tree (CART). Decision tree merupakan suatu pohon keputusan yang dapat digunakan sebagai pengambilan suatu keputusan. Algoritma CART merupakan pohon keputusan biner yang dapat menghasilkan pohon klasifikasi atau regresi.

Berdasarkan model decision tree yang dibuat, dihasilkan total 8 terminal node, sehingga terdapat 8 rules yang dapat diidentifikasi. Tugas Akhir ini dilakukan untuk mendapatkan hasil prediksi waktu tunggu berdasarkan identifikasi rules dari model decision tree. Evaluasi model prediksi dilihat berdasarkan dari nilai akurasi, sensitivitas, dan specificity. Nilai akurasinya 60,78%, sensitivitasnya 25%, dan specificity sebesar 64,96%. Pada tahap implementasi dibuat perancangan sistem rekomendasi kegiatan mahasiswa.

Kata Kunci— CART, Data Mining, Decision Tree, dan Waktu Tunggu

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM REKOMENDASI KEGIATAN MAHASISWA BERDASARKAN PREDIKSI MASA TUNGGU LULUSAN UNIVERSITAS TELKOM MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE (ALGORITMA CART)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANI GUSTI ANGESTI
Perorangan
Amelia Kurniawati, Hilman Dwi Anggana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini