PERANCANGAN SISTEM MITIGASI RISIKO PENGADAAN BAHAN BAKU DALAM RANTAI PASOK HALAL DI INDUSTRI MAKANAN BERBASIS SNI 99001:2016 MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK (HOR)

MUTI HANIFAH

Informasi Dasar

21.04.3500
658.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan dunia industri terus mengalami kemajuan yang signifikan, salah satu industri yang berkembang yaitu industri makanan halal. Untuk mengembangkan makanan halal perlu didukung oleh Halal Supply Chain Management (HSCM). Pelaksanaan kegiatan HSCM terdapat beberapa risiko yang bisa menghambat proses rantai pasok halal secara langsung maupun tidak langsung yang dapat merugikan perusahaan. Beberapa risiko yang dapat terjadi di Industri makanan yaitu ketidakjelasan status kehalalan bahan baku yang telah dipesan dan bahan baku yang diterima terkontaminasi najis. Untuk dapat mengurangi dan mengatasi berbagai risiko yang akan terjadi dalam rantai pasok halal diperlukan upaya perbaikan kinerja rantai pasok dengan mengatasi dan mencegah berbagai risiko. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan risiko dan mitigasi dengan pendekatan HSCM agar perusahaan dapat menganalisis risiko dan mitigasi dalam memperhatikan kehalalan produk dengan merancang sebuah sistem monitoring. Pada penelitian ini menggunakan model SCOR untuk mengukur dan meningkatkan kinerja rantai pasok dan menggunakan metode House Of Risk untuk mengidentifikasi risiko yang timbul pada aliran rantai pasok sehingga strategi yang tepat dapat dirancang untuk dapat mengurangi dan mengatasi berbagai risiko. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua belas risk event dan tujuh risk agent terpilih yang kemudian menjadi masukkan dalam penyusunan strategi mitigasi. Terdapat empat preventive action yang mungkin dilakukan sebagai langkah mitigasi. Adapun hasil lain dalam penelitian ini yaitu sistem monitoring agar dapat mempermudah dalam melakukan pemantauan risiko.

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM MITIGASI RISIKO PENGADAAN BAHAN BAKU DALAM RANTAI PASOK HALAL DI INDUSTRI MAKANAN BERBASIS SNI 99001:2016 MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK (HOR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTI HANIFAH
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Mohammad Deni Akbar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini