PERANCANGAN ALAT PRESS EMPING SINGKONG YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (STUDI KASUS POSYANTEKDES IKHLAS RAMAKU)

ZA`IMATUL HAKIMAH SEPTIANI

Informasi Dasar

21.04.3501
658.575 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan pada salah satu UMK yang memproduksi emping singkong yaitu Pos Pelayanan Teknologi Desa Ikhlas Ramaku di Kabupaten Bandung Barat. Pada proses produksi emping singkong, pengrajin emping singkong menggunakan alat press untuk melakukan proses pencetakan pada adonan emping singkong. Proses pengepresan adonan singkong ini dilakukan secara berulang (repetitive motion) sehingga operator harus melakukan pekerjaan dengan posisi kerja yang tidak efisien. Posisi kerja tersebut dapat memungkinkan untuk terjadinya risiko kecelakaan kerja ataupun cedera Musculoskletal Disorders pada pekerja. Setelah dilakukan analisis, didapatkan skor REBA sebesar 8 dan 9 serta tingkat keluhan sakit pada NBM terbesar yaitu pada bagian punggung, pergelangan tangan kanan, lutut kiri dan lutut kanan dengan waktu proses pengepresan untuk 10 kg singkong selama 105 menit. Perancangan desain alat press ini menggunakan pendekatan Ergonomic Function Deployment (EFD) karena penelitian ini bertujuan untuk merancang alat yang lebih ergonomis bagi operator dan nyaman untuk digunakan. Bentuk alat yang akan dirancang didasari pada prinsip efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien (EASNE). Alat yang dihasilkan dari hasil perancangan pada penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas. Setelah menggunakan rancangan alat bantu usulan, didapatkan skor REBA menjadi 3 dan 4, serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pengepresan untuk 10 kg singkong yaitu menjadi 70 menit.

Subjek

PRODUCT DEVELOPMENT
 

Katalog

PERANCANGAN ALAT PRESS EMPING SINGKONG YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (STUDI KASUS POSYANTEKDES IKHLAS RAMAKU)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZA`IMATUL HAKIMAH SEPTIANI
Perorangan
Ilma Mufidah, Dino Caesaron
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini