UMKM Pikyeum merupukan perusahaan pertama yang menjual keripik peuyeum di
Indonesia. UMKM Pikyeum menyediakan website yang berfungsi sebagai penghubung antara
produsen dengan konsumen, wadah pengenalan produk, dan tempat pembelian secara online.
Dengan demikian, UMKM Pikyeum memudahkan konsumen di seluruh Indonesia untuk
mencari keripik peuyeum. Sebagai ide bisnis baru, penelitian ini menjelaskan mengenai
perancangan bisnis dan analisis kelayakan usaha Pikyeum secara offline dan online ditinjau
dari aspek pasar, aspek teknis, dan aspek finansial. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh nilai
Net Present Value (NPV) sebesar Rp167.006.461, nilai Interest Rate of Return (IRR) sebesar
36,70%, dan Payback Period selama 3,4 tahun. Dapat disimpulkan bahwa UMKM Pikyeum
layak dijalankan karena NPV > 0, Payback Period < umur ekonomis aset, dan IRR > MARR.
Peneliti juga menghitung tingkat sensitivitas pada perubahan biaya bahan baku dan
pengemasan, biaya tenaga kerja, permintaan, dan harga jual. Peningkatan persentase biaya
bahan baku dan pengemasan sensitif di 36,76% dan biaya tenaga kerja 23,51%. Sedangkan
penurunan persentase permintaan Pikyeum sensitif di 15,63% dan harga jual 11,34%.