PERANCANGAN RISK RESPONSE MENGGUNAKAN METODE QUALITATIVE RISK ANALYSIS PADA PROYEK JARINGAN TELEKOMUNIKASI (STUDY KASUS PROYEK MIGRASI COPPER TO FIBER OPTIC PT. XYZ)

RAISYA FADHILLAH DZARFANI

Informasi Dasar

21.04.3539
658.404
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. XYZ adalah perusahaan konstruksi jaringan telekomunikasi yang merupakan anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia. Saat ini PT. XYZ sedang melaksanakan beberapa proyek yang dipegang oleh unit konstruksi. Unit konstruksi adalah unit yang memegang proyek provisioning type 2 dan 3. Salah satu proyek yang sudah selesai adalah program STTF dimana 54 dari 139 proyek dalam program ini mengalami over budget yang disebabkan oleh banyaknya risiko yang terjadi selama pelaksanaan proyek. Saat ini, unit konstruksi akan melaksanakan proyek baru yaitu proyek migrasi jaringan telekomunikasi. Proyek migrasi adalah proyek pembangunan arsitektur jaringan fiber optik sebagai pengganti jaringan kabel tembaga. Agar permasalahan seperti overbudget tidak terulang dalam proyek ini, maka perlu dilakukan identifikasi risiko, perancangan risk register dan respon risiko agar pelaku proyek dapat mengetahui dan mengantisipasi sedari awal mengenai risiko yang berkemungkinan akan muncul dalam proyek. Perancangan respon risiko menggunakan metode kualitatif yang dimulai dari mengidentifikasi risiko yang kemudian akan dikumpulkan dan disusun menjadi risk register. Selanjutnya melakukan risk assessment yang dilakukan oleh ahli untuk menghitung dampak dan probabilitas yang akan dipetakan ke dalam probability impact matrix. hasil pemetaan membagi risiko menjadi dua yaitu priority list dan watchlist, dimana terdapat 26 risiko yang termasuk kategori priority list dengan 3 risiko positif di dalamnya. Dan 48 risiko yang termasuk kategori watchlist dengan 1 risiko positif di dalamnya. Seluruh risiko yang teridentifikasi akan direncanakan strategi respon risikonya. Serta risiko dalam priority list akan dirancangkan contingency reserve . Perancangan risk register update akan dilakukan setelah informasi tiap risiko sudah terkumpul. Kata kunci : Proyek, Migrasi jaringan, Risiko, Risk response, Risk register

Subjek

PROJECT MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN RISK RESPONSE MENGGUNAKAN METODE QUALITATIVE RISK ANALYSIS PADA PROYEK JARINGAN TELEKOMUNIKASI (STUDY KASUS PROYEK MIGRASI COPPER TO FIBER OPTIC PT. XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAISYA FADHILLAH DZARFANI
Perorangan
Devi Pratami, Putu Yasa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini