PT XX merupakan salah satu perusahaan layanan transportasi yang menyediakan
berbagai macam kebutuhan penyewaan mobil baik untuk perusahaan maupun
perorangan serta layanan pengemudi. Pada tahun 2020 PT XX mengalami
penurunan jumlah konsumen. Salah satu faktor penyebab penurunan jumlah
konsumen tersebut adalah perusahaan masih sering menerima keluhan dari
konsumen. Hal ini berhubungan langsung dengan divisi operasional yang
merupakan job deskripsi dari divisi tersebut. Dalam mengukur kinerja karyawan,
PT XX melakukan penilaian kinerja menggunakan laporan kerja harian. Namun
pada kenyataannya penilaian tersebut masih belum efektif dan tidak memberikan
peningkatan terhadap kinerja karyawannya.
Pada penelitian ini dilakukan perancangan ulang sistem penilaian kinerja dengan
menggunakan metode BARS (Behaviorally Anchored Rating Scale) yang
merupakan sebuah metode penilaian kinerja objektif yang mampu membantu
penilai fokus pada penilaian secara spesifik dengan memperhatikan faktor-faktor
yang mempengaruhi kinerja karyawan. Dengan adanya penilaian kinerja usulan
menggunakan metode BARS dapat membantu PT XX dalam meningkatkan
kinerja karyawannya.
Kata Kunci : Penilaian Kinerja, Behaviorally Anchored Rating Scale, BARS.