PERANCANGAN MATERIAL HANDLING EQUIPMENET DALAM PROSES PEMINDAHAN TABUNG COMPRESSOR PADA STASIUN KERJA SANDBLASTING MENGGUNAKAN METODE RASIONAL DAN FINITE ELEMENT ANALYSIS (FEA)

KENZI MARUF IBRAHIM

Informasi Dasar

21.04.3667
607.427
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

PT Wijaya Karya Tbk adalah salah satu perusahaan konstruksi milik Pemerintah Indonesia. PT Wijaya Karya memiliki anak perusahaan bernama PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi yang bergerak dibidang Casting, Pressing dan Plastic. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi ini adalah mereparasi tabung compressor. Dalam melakukan reparasi tabung compressor, salah satu tahapan yang harus dilewati adalah proses pemindahan tabung dari stasiun kerja re-assembly menuju stasiun kerja sandblasting. Saat ini proses tersebut masih menggunakan tenaga operator itu sendiri sehingga mengakibatkan proses reparasi tabung menjadi terhambat. Sehingga usulan merancang material handling untuk membantu proses kerja menjadi prioritas utama dari hasil penelitian ini dengan menggunakan metode Rasional yang dikembangkan oleh Nigel Cross dan Finite Element Analysis dengan menggunakan aplikasi solidworks simulation 2016. Konsep material handling yang dirancang menggunakan metode rasional akan menghasilkan rancangan yang baik pada alat bantu dan juga spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan operator sehingga dapat mengoptimalkan waktu proses reparasi tabung compressor. Sedangkan metode finite element analysis akan mengetahui tingkat ketahanan dan kemampuan pada produk yang akan dirancang. Hasil dari kedua analisis tersebut akan menghasilkan sebuah alat bantu yang layak dan juga membantu kinerja operator dalam melakukan perpindahan.

Kata kunci: Material Handling, Finite Element Analysis, Rational Method.

Subjek

Design engineering
 

Katalog

PERANCANGAN MATERIAL HANDLING EQUIPMENET DALAM PROSES PEMINDAHAN TABUNG COMPRESSOR PADA STASIUN KERJA SANDBLASTING MENGGUNAKAN METODE RASIONAL DAN FINITE ELEMENT ANALYSIS (FEA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KENZI MARUF IBRAHIM
Perorangan
MUHAMMAD IQBAL, SRI MARTINI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini