TES GANGGUAN PERILAKU UNTUK MENGIDENTIFIKASI ATTENTION-DEFICIT / HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) PADA ANAK MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY

NOLA RISTIYANTI

Informasi Dasar

21.04.3717
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Attention-Deficit / Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah salah satu gangguan perkembangan saraf yang mempengaruhi perilaku dan umumnya diderita oleh anak-anak. Biasanya orang tua cenderung mengabaikan gejala-gejala ADHD yang diperlihatkan anak. Orang tua menganggap sikap anak yang sulit berkonsentrasi, berperilaku impulsif, atau tidak bisa diam merupakan perilaku yang normal pada masa kanak-kanak. Orang tua baru akan menyadari setelah gejala yang ditunjukkan bertambah parah seiring berjalannya waktu. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab keterlambatan diagnosis dan penangan ADHD.

Peneliti telah membangun aplikasi tes gangguan perilaku yang berbasis web dan dapat diakses melalui internet. Dengan demikian, orang tua dapat dengan mudah mengaksesnya dan menggunakannya sebagai screening tool untuk mengidentifikasi ADHD pada anaknya. Pada aplikasi yang dibangun, identifikasi ADHD dilakukan dengan mengimplementasikan algoritma fuzzy di dalamnya. Identifikasi ADHD dengan algoritma fuzzy ini dilakukan berdasarkan gejala yang dialami oleh anak.

Pada penelitian ini, pengujian sistem telah dilakukan. Berdasarkan hasil pengujian alpha didapatkan sebesar 100% yang berarti aplikasi berjalan dengan baik sesuai fungsinya. Kemudian aplikasi telah berhasil mengidentifikasi ADHD menggunakan algoritma fuzzy dan telah divalidasi oleh dokter anak, didapatkan akurasi sebesar 100%. Sedangkan hasil pengujian beta menunjukkan 52% responden memilih jawaban Setuju dari total 50 responden yang artinya secara keseluruhan aplikasi web tes gangguan yang dibangun diperlukan dan mudah digunakan.

Kata Kunci: Tes Gangguan Perilaku, ADHD, Anak, Algoritma Fuzzy.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

TES GANGGUAN PERILAKU UNTUK MENGIDENTIFIKASI ATTENTION-DEFICIT / HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) PADA ANAK MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOLA RISTIYANTI
Perorangan
Burhanuddin Dirgantoro, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini