TES GANGGUAN PERILAKU UNTUK MENGIDENTIFIKASI ATTENTION DEFICIT/HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING DAN CERTAINTY FACTOR

ARSIKA CITRA PELANGI

Informasi Dasar

82 kali
21.04.3718
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

ADHD (Attention-Deficit / Hyperactive Disorder) merupakan salah satu gangguan perilaku yang dialami oleh anak. Gangguan ini menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian dan berperilaku secara berlebihan. Merujuk pada Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM-5) Terdapat 3 tipe dari ADHD diantaranya inattentive, hyperactive-impulsivity, dan combination. Adapun gejala dari ADHD muncul pada usia sebelum 12 tahun dan berlangsung setidaknya 6 bulan. Peran orang tua sangatlah penting untuk mengetahui adanya gangguan ADHD pada anak, sebab 83.5% anak memiliki riwayat ADHD yang tidak terdiagnosi. Gangguan ADHD perlu diketahui serta dilakukan penangan yang tepat sesegera mungkin dengan yang ahli dibidang tersebut untuk meminimalisir kemunculan dampak yang lebih fatal dikemudian hari.

Penelitian tugas akhir ini memiliki jawaban dari permasalahan tersebut. Penelitian ini membahas perancangan Aplikasi Test Gangguan Perilaku untuk Mengidentifikasi ADHD Pada Anak. Hasil dari test tersebut berupa salah satu tipe ADHD yang dialami oleh anak (Inattentive, Hyperactive-Impulsivity, Combined). Penarikan kesimpulan dari test ADHD ini diperoleh dari mencari kemiripan kasus baru dengan kasus terdahulu dan menghitung nilai keyakinan.

Aplikasi Tes Gangguan Perilaku untuk Mengidentifikasi ADHD Pada Anak telah mengimplementasikan metode Case-Based Reasoning (CBR) dan Certainty Factor dan sudah divalidasi dengan dokter anak yaitu Dr. D. Sharad Gedam (M.D) Associate Professor Pediatrics. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi ini mampu mengidentifikasi ADHD pada anak berdasarkan gejala yang dialami dengan nilai akurasi sebesar 100% dan memiliki nilai uji alpha atau fungsionalitas yaitu 100% sehingga dapat disimpulkan aplikasi berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya

Kata kunci : ADHD, Gangguan Perilaku, Test, Case-Based Reasoning, Certainty Factor.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

TES GANGGUAN PERILAKU UNTUK MENGIDENTIFIKASI ATTENTION DEFICIT/HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING DAN CERTAINTY FACTOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARSIKA CITRA PELANGI
Perorangan
Burhanuddin Dirgantoro, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini