PERANAN BELLBOY DALAM MENANGANI BARANG BAWAAN TAMU DI HOTEL HYATT REGENCY YOGYAKARTA 2019

ARIQ SHIDQI DWI SASMITA

Informasi Dasar

21.06.330
647.940 68
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Concierge merupakan salah satu bagian dari front office di sebuah hotel, dan memiliki peran penting, karena yang akan ditemui tamu pertama kali ketika datang ke hotel adalah bagian concierge, concierge dibagi menjadi beberapa bagian salah satunya yaitu bellboy yang bertugas dalam penanganan barang bawaan tamu. Bellboy seharusnya bekerja sesuai Standard Operational Procedure (SOP) yang ada untuk mengindari kesalahan dalam proses pelaksanaan kerja. Dari observasi yang dilakukan selama enam bulan di Hotel Hyatt Regency Yogykarta, penulis menemukan beberapa masalah seperti perawatan peralatan bellboy yang kurang baik, ditemukan beberapa trolley barang yang ketika didorong tidak berjalan dengan baik, hal ini menghambat ketepatan dan kecepatan bellboy dalam mengantar barang bawaan tamu. Ditemukan juga bellboy yang kurang peka terhadap situasi sekitar (kebutuhan tamu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran seorang bellboy dalam penanganan barang bawaan tamu, serta hambatan apa saja yang dihadapi bellboy. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan meobservasi operasional concierge di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta selama enam bulan, mewawancarai dengan bellboy dan manager, dan melakukan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tujuh dari empat belas SOP bellboy di Hotel Hyatt Regency Yogykarta dilaksanakan dengan baik, ini menunjukkan bellboy tidak menjalankan perannya dengan baik, karena 50% SOP tidak dilaksanakan. Hambatan yang dihadapi antara lain kurangnya pengawasan oleh para atasan terhadap kinerja bellboy, tidak tersedianya prosedur-prosedur tertulis yang dapat diakses, SOP hanya disampaikan secara lisan, dan kurangnya evaluasi berkala dari atasan atas kinerja dari petugas bellboy. Hambatanhambatan itulah yang membuat bellboy tidak menjalankan perannya dengan baik.

Kata Kunci: Bellboy, SOP, Pananganan Barang Bawaan Tamu

Subjek

HOTEL MANAGEMENT
 

Katalog

PERANAN BELLBOY DALAM MENANGANI BARANG BAWAAN TAMU DI HOTEL HYATT REGENCY YOGYAKARTA 2019
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIQ SHIDQI DWI SASMITA
Perorangan
RIZA TAUFIQ, DENDI GUSNADI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Perhotelan
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini