Restoran adalah sebuah bangunan yang digunakan untuk menjual makanan dan minuman yang dilengkapi dengan peralatan serta memberikan pelayanan terbaik bagi tamu. Salah satunya adalah bar departement yang menyediakan pelayanan minuman. Bar melayani mulai dari pembuatan minuman sampai dengan menyajikan minuman. Kinerja barista dalam operasional restoran dapat mempengaruhi kualitas pelayanan serta kualitas produk dengan menjual berbagai jenis kopi serta menerapkan pelayanan yang memuaskan. Penelitian ini berusaha menganalisa peran profesi barista dalam hubungannya dengan kelancaran operasional outlet restoran. Sehingga dapat diketahui seberapa penting pengaruh sebuah profesi khususnya barista yang profesional dibidangnya dalam kemajuan bisnis restoran di The Jayakarta Bandung Suite Hotel & Resort. Maka dari itu penulis melakukan observasi untuk mengkaji peran Barista pada restoran di The Jayakarta Bandung Suite Hotel & Resort dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.
Kata Kunci: Peran, Barista, Kualitas Pelayanan, Penelitian Kualitatif