Penelitian ini membahas tentang peranan Butler dalam pelayanan tamu Gold
Member di Hotel Crowne Plaza Bandung.Penulis mengambil teori dari
Sulastiyono (2011:6) dalam Hotel, teori dari Bagyono (2012) dalam teori Front
Office , dan teori dari Sugiarto (2002:119) dalam teori Butler. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dan pelayanan yang dilakukan
oleh Butler Service Attendant dalam melayani tamu Gold member di executive
lounge Hotel Crowne Plaza Bandung,selain mengetahui peranan dan pelayanan
Butler penelitian ini bertujuam untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi
oleh Butler Service Attendant dalam melayani tamu Gold member selama
menginap di Hotel Crowne Plaza Bandung.Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mana metode ini bertujuan agar
searah dengan rumusan masalah serta pertanyaan penelitian atau
identifikasi masalah penelitian. Hal ini disebabkan tujuan dari penelitian ini akan
menjawab pertanyaan yang sebelumnya dikemukakan oleh rumusan masalah
serta pertanyaan penelitian/ identifikasi masalah,Teknik pengumpulan data yang
digunakan penulis adalah Teknik work in,Studi Pustaka,dan Wawancara. Data
yang dihasilkan adalah berupa bukti wawancara dan observasi penulis selama
work in 6 bulan di Hotel Crowne Plaza Bandung.
Kata Kunci : Hotel,Front Office,Butler,Pelayanan,Gold Member,IHG Membership