PERHITUNGAN KECEPATAN MOTOR PADA VIDEO YANG TERCUPLIK MENGGUNAKAN METODE FRAME DIFFERENCE DAN DIKOMPRESI MENGGUNAKAN CS (COMPRESSIVE SENSING)

MUHAMMAD LUTFI KURNIA SUSANTO

Informasi Dasar

21.04.3787
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem pendeteksi gerakan adalah sistem yang mampu untuk mendeteksi gerakan yang terjadi pada suatu video. Deteksi gerak adalah subjek penting dalam bidang computer vision yang telah banyak digunakan oleh berbagai sistem dalam aplikasi video pengawas, monitoring lalu-lintas, kompresi video dan lain-lain. Pada Tugas Akhir ini dirancang sistem yang dapat mengestimasi kecepatan kendaraan khususnya kendaraan bermotor dengan menggunakan metode frame difference dan dikompresi menggunakan compressive sensing. Masukan dari sistem yang dirancang adalah berupa rekaman video dengan durasi sekitar lima detik yang dikompresi terlebih dahulu dengan metode compressive sensing. Latar belakang diperoleh dari sekumpulan frame video dan digunakan sebagai referensi untuk melakukan ekstraksi foreground. Perpindahan objek yang bergerak diukur dengan cara menempuh suatu jarak tertentu sebagai referensi perhitungan kecepatan,sistem ini tidak dilakukan secara real-time, melainkan offline. Pengujian telah dilakukan dengan cara meng-capture data lapangan. Jumlah data yang digunakan adalah 30 video uji masing-masing dengan kecepatan yang bervariasi yaitu dari 10 km/jam sampai 60 km/jam. Pengambilan video dilakukan dari samping dengan ketinggian yang hampir sama dengan ketinggian kendaraan. Keluaran yang diperoleh dari sistem ini adalah sistem dapat menghitung kecepatan pada kendaraan khususnya motor dengan metode frame difference sesuai dengan keluaran yang diinginkan, dan dengan tingkat kesalahan dalam proses sekecil mungkin. Pemilihan nilai threshold yang tepat dan penggunaan CS dengan parameter yang tepat pada proses kompresi video dalam sistem memperoleh nilai terbaik yaitu akurasi 96% dan rasio kompresi sebesar 25%.

Kata kunci : Speed calculation, Compressive sensing, Frame difference, Background reconstruction, foreground.

Subjek

Image processing - signal processing
 

Katalog

PERHITUNGAN KECEPATAN MOTOR PADA VIDEO YANG TERCUPLIK MENGGUNAKAN METODE FRAME DIFFERENCE DAN DIKOMPRESI MENGGUNAKAN CS (COMPRESSIVE SENSING)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD LUTFI KURNIA SUSANTO
Perorangan
KOREDIANTO USMAN, GELAR BUDIMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini