Banyaknya SMA dan SMK di Kota Medan ini menjadikannya beragam pilihan bagi calon siswa tamatan SMP yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Selain harus bersaing dengan SMA lainnya, SMK Multi Karya juga harus bersaing dengan SMK lainnya. Ditengah persaingan yang sangat ketat, SMK Multi Karya mengalami penurunan angka siswa-siswi yang mendaftar setiap tahunnya dalam tiga tahun terakhir. Ketua Yayasan SMK Multi Karya sangat ingin menarik perhatian calon siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikannya di SMk Multi Karya. Untuk itu perlu dirancang sebuah pesan dan media kreatif yang benar-benar menarik agar calon siswa yang datang pada sebuah event promosi tertarik untuk mengunjungi stand mereka dan membuat media promosi yang maksimal. Dengan semakin banyaknya pengunjung yang singgah, semakin banyak yang mendapatkan informasi mengenai keunggulan yang dimiliki sekolah dan menjadikannya media promosi yang efektif dan efisien bagi SMK Multikarya Medan dalam bersaing dengan sekolah-sekolah menengah lainnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses perancangannya, peneliti menjadikan SMK Teladan dan SMK Tritech sebagai pembanding. Diharapkan, dengan adanya perancangan pesan dan media kreatif ini mampu membantu pihak SMK Multikarya dalam meningkatkan promosi penjualannya.