Roti saat ini yang beredar memiliki ragam rasa yang membuat roti menjadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia terutama di Kota Pasuruan dengan adanya data meningkatnya bisnis roti dan kue bertambah. Roti Matahari merupakan produk dengan roti legendaris yang memiliki 13 varian roti sudah ada sejak tahun 1955 dalam pembuatannya tetap dibuat dengan kualitas dan mutu yang terjaga Roti Matahari menjual keunikan roti jadul. Namun dalam penjualannya mengalami penurunan dikarenakan terbatasnya media promosi yang digunakan dan bertambahnya pesaing baru yang muncul. Dalam perancangan promosi yang menggunakan media visual dengan salah satu medianya yaitu media digital agar persebaran informasi yang lebih luas. Untuk metode yang digunakan dalam pengerjaannya menggunakan metode kualitatif meliputi observasi, wawancara, studi pustaka, kuesioner, dan metode analisis data meliputi SWOT dan AOI agar pesan yang ingin disampaikan tepat pada target audiens yang dituju. Manfaat dilakukannya promosi untuk meningkatkan penjualan produk serta aktif dan kreatif dalam melakukan promosi agar tercapainya penyampaian pesan melalui visual yang tepat sesuai target audiens melalui poster media cetak maupun digital yang berisi diskon dan hadiah pembelian produk, serta diadakannya lomba video review produk dan event virtual live Instagram untuk mengumumkan pemenang lomba video dan ada diskon terbatas saat live berlangsung.
Kata Kunci: Perancangan Strategi Promosi, Roti Matahari, Kuliner Pasuruan.