Pelayanan adalah suatu aktivitas atau serangkaian aktivitas yang bersifat tidak
kasat mata yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara konsumen dan
karyawan atau hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi layanan untuk
memecahkan permasalahan pengguna jasa. KPKNL Bandung merupakan sebuah
penyedia jasa layanan yang bergerak dibidang Kekayaan dan Lelang Negara
dibawah naungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementrian Keuangan RI.
KPKNL Bandung mengutamakan kenyamanan penggunanya dalam proses
pelaksanan layanan yang diberikan. Melihat evaluasi proses pelayanan, kantor
KPKNL Bandung memiliki masalah utama dalam pelaksanaan pelayanannya yaitu
terbatasnya proses layanan yang mengharuskan para pengguna jasa mendatangi
kantor secara langsung atau dalam artian istilah proses pelayanan walk-in.
Pihak KPKNL Bandung mengharapkan beberapa proses pelayanan yang
diberikan dapat dilaksanakan secara daring yang diharapkan mempermudah para
pengguna jasa dan para penyedia layanan. Melihat masalah tersebut, penulis
menawarkan Aplikasi berbasi mobile bagi pengguna jasa dan website bagi pegawai
yang diharapkan dapat mempermudah proses layanan KPKNL Bandung. Aplikasi
tersebut bernama APTU (Up-To) – Aplikasi Pelayanan Terpadu Kantor Pelayanan
Kekayaan Negara Dan Lelang Bandung. Aplikasi ini mempermudah proses
pengajuan layanan, proses penyelesaian layanan, dan proses penilaian layanan yang
nantinya akan menjadi bahan evaluasi kinerja pelayanan KPKNL Bandung