PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Puskesmas Mulyaharja)

NAUFAL CHANDRA AHDILAR

Informasi Dasar

21.06.351
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Fasilitas pelayanan kesehatan menjadi garda terdepan dalam menghadapi masalah kesehatan di masyarakat akibat pandemi COVID -19. Peran puskesmas perlu diperkuat dalam hal prevensi, deteksi dan respon sesuai dengan kewenangannya sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama, sebab dengan adanya pandemi COVID -19 ini pelayanan di tingkat puskesmas tidak dapat berjalan maksimal untuk mengurangi penularan COVID-19. Puskesmas terpaksa mengurangi jumlah antrian pemeriksaan agar pasien tidak berkerumun dan juga demi mengurangi interaksi langsung antara tenaga Kesehatan dengan pasien. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dirancanglah sebuah aplikasi untuk melayani pasien dalam puskesmas mulyaharja. Perancangan aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Android Studio sedangkan Figma digunakan untuk membuat mockup. Pada aplikasi ini terdapat administrator yang bertugas untuk mengelola antrian pasien, jenis poli, jadwal praktik, mengelola dokter yang tersedia, mengelola pemeriksaan, serta mengelola informasi kesehatan. Seluruh data yang diinput oleh pasien akan dikirim menuju database. Pada database akan menyimpan hasil data pasien, menyimpan data dokter, menyimpan data keluhan serta poli, menyimpan jadwal praktik, menyimpan data pemeriksaan, serta menyimpan data informasi kesehatan. Hasil yang didapat dari pengujian aplikasi ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik, dibuktikan dengan tampilan aplikasi yang dapat menyesuaikan dengan berbagai versi Android pada Android 7.1 hingga Android 11.0, serta seluruh tombol, select box, textbox, maupun datepicker yang berfungsi dengan baik tanpa mengalami kendala. Hasil yang didapat dari pengisian kuesioner, sebanyak 95,1% masyarakat terbantu dengan adanya aplikasi ini sehingga didapat kesimpulan bahwa masyarakat merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini.

Subjek

MOBILE PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Puskesmas Mulyaharja)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL CHANDRA AHDILAR
Perorangan
Rohmat Tulloh, Rina Adiati
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini