Fasilitas pelayanan kesehatan menjadi garda terdepan dalam menghadapi masalah
kesehatan di masyarakat akibat pandemi COVID -19. Peran puskesmas perlu diperkuat
dalam hal prevensi, deteksi dan respon sesuai dengan kewenangannya sebagai fasilitas
pelayanan kesehatan tingkat pertama, sebab dengan adanya pandemi COVID -19 ini
pelayanan di tingkat puskesmas tidak dapat berjalan maksimal untuk mengurangi
penularan COVID-19. Puskesmas terpaksa mengurangi jumlah antrian pemeriksaan agar
pasien tidak berkerumun dan juga demi mengurangi interaksi langsung antara tenaga
Kesehatan dengan pasien.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dirancanglah sebuah aplikasi untuk
melayani pasien dalam puskesmas mulyaharja. Perancangan aplikasi ini dibuat dengan
menggunakan Android Studio sedangkan Figma digunakan untuk membuat mockup.
Pada aplikasi ini terdapat administrator yang bertugas untuk mengelola antrian pasien,
jenis poli, jadwal praktik, mengelola dokter yang tersedia, mengelola pemeriksaan, serta
mengelola informasi kesehatan. Seluruh data yang diinput oleh pasien akan dikirim
menuju database. Pada database akan menyimpan hasil data pasien, menyimpan data
dokter, menyimpan data keluhan serta poli, menyimpan jadwal praktik, menyimpan data
pemeriksaan, serta menyimpan data informasi kesehatan.
Hasil yang didapat dari pengujian aplikasi ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini
dapat berjalan dengan baik, dibuktikan dengan tampilan aplikasi yang dapat
menyesuaikan dengan berbagai versi Android pada Android 7.1 hingga Android 11.0,
serta seluruh tombol, select box, textbox, maupun datepicker yang berfungsi dengan baik
tanpa mengalami kendala. Hasil yang didapat dari pengisian kuesioner, sebanyak 95,1%
masyarakat terbantu dengan adanya aplikasi ini sehingga didapat kesimpulan bahwa
masyarakat merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini.