PENGARUH PROFITABILITAS (ROE), SOLVABILITAS (DER) DAN AKTIVITAS (TATO) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Periode 2016-2020)

SAHARA NABILA

Informasi Dasar

21.04.3839
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatkan nilai merupakan salah satu tujuan utama dari setiap perusahaan. Peningkatan nilai perusahaan sangat penting karena hal tersebut mencerminkan kinerja yang baik karena para investor selaku pihak luar yang berkepentingan menilai suatu perusahaan dari hal tersebut. Nilai perusahaan yang tinggi dapat menarik dan meyakinkan para investor bahwa perusahaan dapat mensejahterakan para pemegang saham dari dana yang sudah ditanamkan oleh para investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dengan proksi yang digunakan yaitu return on equity (ROE) kemudian solvabilitas dengan proksi yang digunakan yaitu debt to equity ratio (DER) dan aktivitas dengan proksi yang digunakan total asset turnover (TATO) terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan proksi price book value (PBV) pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui data laporan keuangan dan laporan tahunan. Laporan keuangan tahunan diambil melalui laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), laman resmi perusahaan, laman resmi The Indonesia Capital Market Institute (TICMI), dan Yahoo Finance. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016- 2020. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan metode analisis data yang digunakan adalah regresi data panel. Berdasarkan 32 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, didapatkan 13 perusahaan yang lulus kriteria pemilihan sampel dalam penelitian ini. Hasil yang didapatkan yaitu profitabilitas, solvabilitas, dan aktivitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan secara simultan. Apabila dilihat secara parsial, profitabilitas dan solvabilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan aktivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS (ROE), SOLVABILITAS (DER) DAN AKTIVITAS (TATO) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Periode 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAHARA NABILA
Perorangan
HENDRATNO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini