PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk adalah Badan usaha Milik Negara (BUMN) yang
bergerak dibidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan
telekomunikasi di Indonesia. Witel Bandung menerapkan telemarketing (outbound call) untuk
melakukan penawaran upspeed wifi IndiHome kepada pelanggan prospek, namun dalam
pelaksanaannya jumlah pelanggan yang tidak tertarik melakukan upspeed cenderung lebih banyak
daripada jumlah pelanggan yang tertarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
penerapan telemarketing (outbound call) di Witel Bandung. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
penyebaran kuisioner terhadap 100 responden pelanggan IndiHome Witel Bandung yang pernah
menerima telepon untuk penawaran upspeed wifi IndiHome. Hasil penelitian yang didapatkan
adalah nilai persentase dari penerapan telemarketing sebesar 77,93% yang berarti masuk dalam
kategori atau klasifikasi baik, hal ini menunjukkan bahwa penerapan telemarketing di Witel
Bandung sudah dilaksanakan dengan baik.
Kata kunci : telemarketing, outbound call, IndiHome