KUSTOMISASI SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA OBJECT PRODUCT, PRICEBOOK, OPPORTUNITY, QUOTES, ORDER MENGGUNAKAN SALESFORCE SALES CLOUD PADA UMKM PRODUKSI (STUDI KASUS: PT GARSEL)

IKA RAHMAYANTI TAMBUNAN

Informasi Dasar

21.04.3848
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Permasalahan yang dihadapi UMKM Produksi saat ini minimnya informasi mengenai perilaku yang dimiliki pelanggan pada saat melakukan pembelian produk dan proses penjualan dan belum bisa mengidentifikasi faktor penting bagi kebutuhan pelanggan serta belum ada sistem yang dapat mendukung optimalisasi kinerja proses bisnis yang akan berdampak pada menurunnya produktivitas penjualan pada UMKM Produksi. Hal ini berpengaruh terhadap penjualan dan pendapatan serta produktivitas bisnis pada UMKM Produksi. Salah satu solusi untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan pada UMKM Produksi adalah dengan melakukan kustomisasi sistem ERP menggunakan aplikasi Salesforce. Salesforce merupakan software CRM yang berisikan banyak tools untuk membantu tim penjualan dan juga membantu pengelolaan perusahaan menjadi lebih baik dan benar. Salesforce memiliki beberapa modul, untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi UMKM Produksi menerapkan modul Sales Cloud dengan tujuan untuk membantu memahami perilaku pelanggan menggunakan informasi yang telah terintegrasi sehingga menghasilkan sistem pelayanan yang memuaskan, meningkatkan keuntungan melalui terjalinnya hubungan yang baik,meningkatkan loyalitas pelanggan, mencatat interaksi pelanggan, dan mengotomatiskan tugas harian yang dilakukan oleh sales. Hasil dari penelitian ini adalah kustomisasi sistem UMKM Produksi berbasis sistem ERP pada PT Garsel yang menerapkan modul Sales Cloud menggunakan Object Product, Pricebook, Opportunity, Quotes, Order pada aplikasi Salesforce dan menggunakan metode Salesforce CRM Implementation agar dapat menyesuaikan kebutuhan serta masalah yang dialami oleh UMKM Produksi pada PT Garsel terkait sistem pengelolaan penjualan.

Kata Kunci: UMKM Produksi, ERP, Sales Cloud, Salesforce, Salesforce CRM Implementation

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

KUSTOMISASI SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA OBJECT PRODUCT, PRICEBOOK, OPPORTUNITY, QUOTES, ORDER MENGGUNAKAN SALESFORCE SALES CLOUD PADA UMKM PRODUKSI (STUDI KASUS: PT GARSEL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IKA RAHMAYANTI TAMBUNAN
Perorangan
AHMAD ALMAARIF, MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini