Dalam kehidupan sehari-hari, semua orang pasti menghadapi risiko. Risiko yang muncul juga bisa dari akibat aktivitas yang biasa kita lakukan, bahkan ketika kita sedang mengambil suatu keputusan. Kegagalan yang dialami oleh organisasi dalam mengelola risiko dapat disebabkan oleh kurangnya pemahaman risiko yang terjadi dan kegagalan untuk mengidentifikasi aktivitas respon risiko yang sesuai. Supaya berhasil, inisiatif manajemen risiko harus dilakukan dengan proporsional, selaras, komprehensif, tertanam dan dinamis. Selama pandemi Covid-19, sebagian besar kegiatan yang ada di Universitas Telkom, baik kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan organisasi, dilakukan secara WFH (Work from Home). Hal itu juga berlaku pada Fakultas Rekayasa Industri (FRI) yang sebagian besar melakukan aktivitasnya dari rumah. Dengan dilakukannya aktivitas di rumah, dapat menimbulkan berbagai risiko yang terjadi pada Fakultas Rekayasa Industri, khususnya yang berkaitan dengan akademik sumber daya. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian analisis risiko dan kontrol proses pengelolaan SDM dan akademik fakultas dalam situasi work from home dengan menggunakan ISO 31000:2018 sebagai proses manajemen risiko, serta NIST SP 800-53 dan DoD Instruction 8500.2 sebagai kontrol risiko. Penelian ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang nantinya dapat bermanfaat bagi Unit Akademik, serta Unit Keuangan dan Sumber Daya FRI.
Kata kunci—Manajemen Risiko, Penilaian Risiko, ISO 31000:2018, NIST SP 800-53, DoD Instruction 8500.2