Kesadaran akan pentingnya pemahaman konsep kimia dan aplikasinya
seperti senyawa hidrokarbon dan turunannya adalah salah satu tujuan penting
dari pembelajaran kimia. Agar mudah dalam mempelajari kimia hidrokarbon dan
turunannya, maka perlu strategi yang tepat dalam menyampaikan konsep
tersebut, oleh karenanya perlu alat bantu untuk mencapai pembelajaran yang
baik. Berbagai konsep kimia yang abstrak harus dijadikan lebih sederhana untuk
dipahami. Maka dari itu, peranan alat peraga kimia dan penggunaan teknologi
informasi pada pembelajaran kimia dirasa sangat penting. Pembelajaran berbasis
Augmented Reality dapat membuat pelajaran kimia bagi siswa SMA lebih
menarik dan mudah dipahami.
Merupakan sebuah aplikasi Pembelejaran kimia hidrokarbon Berbasis
Augmented Reality yang menampilkan senyawa dalam bentuk 3D (Tiga
Dimensi) dan suara pada setiap halaman. Aplikasi ini juga menampilkan sebuah
kuis dan materi yang interaktif demi menunjang pembelajaran siswa. Aplikasi ini
dibuat menggunakan Unity dan Objek 3D. Marker yang digunakan merupakan
sebuah inovasi dari pembelajaran kimia hidrokarbon yang menampilkan objek
berbeda sesuai senyawa hidrokarbon, atau dapat disebut dengan multiple marker.
Ketika pengguna mengarahkan kamera android ke arah marker, maka terjadi
proses pemindaian. Setelah itu layar android menampilkan objek animasi 3D
yang terdapat dalam marker berbentuk kartu.
Kata Kunci: Augmented Reality (AR), Unity dan Android, Kimia Hidrokarbon ,
Alkana