Pengelolaan sumber daya Rukun Warga (RW) secara manual bukanlah suatu hal yang salah, namun cara tersebut kurang efektif untuk melakukan pengolahan ataupun perhitungan data pada sumber daya Rukun Warga (RW) dan hal ini dapat mengakibatkan terjadinya kehilangan data. Kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan itu akan sangat merugikan untuk perkembangan perumahan Permata Buah Batu. Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut diusulkan pembuatan “Aplikasi Warga Berseri” yang nantinya akan lebih efektif dan mempermudah dalam proses pengelolaan sumber daya RW di perumahan permata buah batu. Tujuan penulisan ini untuk mempermudah petugas dalam mengelohan sumber daya di lingkungan perumahan permata buah batu, menyediakan media untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan terhadap fasilitas umum. Metode pengerjaan menggunakan model waterfall. Ada lima tahap yaitu, requirements definition, system and software design, implementation and unit testing, integration and system testing, dan operation and maintenance. Hasil akhir dari penelitian ini adalah dihasilkannya rancangan aplikasi antarmuka untuk mempermudah pengelolaan sumber daya rukun warga perumahan permata buah batu.
Kata kunci: Pengelolaan, Sumber Daya