Aplikasi Berbasis Web untuk Layanan Kebidanan dan Laporan Keuangan Klinik (Studi Kasus di Praktik Mandiri Bidan (PMB) Kasih Bunda, Bandung)

DENNY MEILIKA SETIAWATI

Informasi Dasar

21.06.437
657.73
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Praktik Mandiri Bidan (PMB) Kasih Bunda merupakan sebuah kegiatan usaha yang bergerak di bidang kesehatan dan kebidanan yang berlokasi di Komplek Griya Bandung Asri 1 Blok D Nomor 264 RT 05 RW 14, Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Kegiatan yang terjadi pada PMB Kasih Bunda antara lain ialah mencatat data-data yang berkaitan dengan pelayanan yang diberikan kepada pasien yang masih dilakukan secara manual. Selain itu, kegiatan pencatatan keuangan belum tercatat secara berkala sehingga pemilik tidak mengetahui berapa jumlah pendapatan serta pengeluaran yang harus diterima serta dikeluarkan oleh PMB Kasih Bunda. Maka melalui proyek ini, dibangunlah aplikasi berbasis web yang dapat membantu mencatat transaksi baik transaksi keuangan maupun transaksi non-keuangan. Aplikasi berbasis web ini dapat mencatat transaksi seperti pendaftaran secara onsite, pendataan pelayanan terhadap pasien, pencatatan transaksi akuntansi seperti pencatatan persediaan obat baik pembelian maupun penjualan, pengeluaran biaya dan beban, menghasilkan jurnal umum, buku besar, serta menghasilkan laporan keuangan laba rugi sehingga dapat memudahkan pemilik dalam mengelola transaksi keuangan maupun non-keuangan. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode yang digunakan dalam proyek akhir ini adalah metode Software Development Life Cycle dengan metode prototype sebagai model pengembangan dalam membangun aplikasi ini. Aplikasi mampu mengelola kegiatan pendaftaran secara onsite, menghasilkan data pelayanan pemeriksaan pasien, jumlah stok obat yang tersedia, menampilkan daftar riwayat pemeriksaan, catatan transaksi pengeluaran dan pemasukan atas kegiatan operasional, dan menyajikan laporan keuangan laba rugi serta laporan keuangan manajerial (laporan internal).

Kata Kunci: akuntansi, laporan keuangan, aplikasi berbasis web, sistem informasi akuntansi, PHP.

Subjek

COMPUTER APPLICATIONS-ACCOUNTING
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Layanan Kebidanan dan Laporan Keuangan Klinik (Studi Kasus di Praktik Mandiri Bidan (PMB) Kasih Bunda, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DENNY MEILIKA SETIAWATI
Perorangan
Rochmawati, R. Irman Hariman
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini