RANCANG BANGUN SISTEM TISU OTOMATIS BERBASIS IOT

RENA SILVIANA

Informasi Dasar

21.06.462
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Tisu toilet banyak digunakan oleh masyarakat untuk kebersihan diri, salah satunya untuk membersihkan area genital setelah buang air besar maupun buang air kecil. Karena itulah masyarakat sering membawa tisu sendiri dikarenakan dibeberapa toilet dalam penyediaan tisu saat ini masih kurang dan pengelolaan oleh cleaning service masih secara manual sehingga cukup menyita waktu. Contohnya seperti pengechekan tisu disetiap toilet dan dalam pengisiannya. Karena itulah Rancang Bangun Sistem Tisu Otomatis Berbasis IOT dibuat.

Pada proyek akhir ini, telah dirancang Rancang Bangun Sistem Tisu Otomatis Berbasis IOT yang memiliki alur kerja dengan sensor inframerah sebagai input pada mikrokontroler dan motor DC digunakan sebagai output untuk mengeluarkan tisu.

Tujuan yang dicapai dalam penyusunan proyek akhir ini adalah sensor inframerah pada Rancang Bangun Sistem Tisu Otomatis Berbasis IOT sebagai pendeteksi objek. Pada saat sensor inframerah mendeteksi objek, maka cahaya inframerah akan dipantulkan sehingga motor DC bergerak sehingga tisu keluar begitupun sebaliknya. Dari hasil implementasi dan pengujian, tissue automatic dapat mengirimkan data ke firebase sesuai yang diharapkan karena bisa mengetahui kondisi tisu dan mengetahui counter A dan counter B. pada pengujian fungsionalitas hardware terhadap sensor dan alat yang telah dibuat dapat disimpulkan bahwa semua fungsi 100% berjalan dengan baik sebagaimana semestinya sehingga aplikasi smart tissue dapat monitoring tisu dan dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya.

Kata kunci: mikrokontroler, tissue automatic, counter

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

RANCANG BANGUN SISTEM TISU OTOMATIS BERBASIS IOT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RENA SILVIANA
Perorangan
Dadan Nur Ramadan, Tri Nopiani Damayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini