Persepsi Audien Dalam Proses Repositioning Radio Keuarga ZORA 90,1 FM Menjadi Radio Edutainment (Studi Terhadap Komunitas Pendengar Radio ZORA 90,1 FM Bandung)

Daisy Agustiana Franika

Informasi Dasar

13.04.474
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kompetisi dalam industri media radio memerlukan upaya dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar, salah satunya dengan melakukan perubahan melalui repositioning. Kebijakan tersebut dilakukan oleh radio keluarga ZORA 90,1 FM yang berencana untuk mengganti format siaran menjadi radio edutainment (education and entertainment) dengan segmentasi utama remaja usia sekolah. Mengevaluasi dari hasil perubahan yang dilakukan sebelumnya, repositioning kali ini memerlukan keterlibatan audien yang sudah memahami karakteristik radio ZORA. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk melihat persepsi audien terhadap kebijakan repositioning yang akan dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus dengan menempatkan komunitas Dulur ZORA sebagai subjek yang diteliti. Fokus penelitian diawali dengan identifikasi masalah, penenetuan landasan teori, pengumpulan data utama menggunakan Focus Group Discussion, analisis data hingga penarikan kesimpulan. Pembahasan penelitian ini mengkaji aspek psikologi persepsi melalui unit analisis yang terbagi atas atensi, interpretasi dan empati. Analisis memberikan gambaran keseluruhan dari enam informan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil merefleksikan sebagian besar audien memberikan persepsi yang cenderung mengarah pada tanggapan negatif terhadap kebijakan repositioning tersebut.

Kata Kunci : Persepsi, Audien, Focus Group Discussion

Subjek

MEDIA AUDIENCES
PERCEPTION, MASS MEDIA-POSITIONING

Katalog

Persepsi Audien Dalam Proses Repositioning Radio Keuarga ZORA 90,1 FM Menjadi Radio Edutainment (Studi Terhadap Komunitas Pendengar Radio ZORA 90,1 FM Bandung)
 
xiv, 242p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Daisy Agustiana Franika
Perorangan
Rah Utami Nugrahani
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM, Ilmu Komunikasi
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini