Bengkel Adi Karya Motor merupakan suatu wirausaha kecil dan menengah yang bergerak di
bidang jasa pelayanan perbaikan kendaraan bermobil, dan merupakan tempat untuk melakukan
perawatan serta pemeliharaan mobil. Bengkel Adi Karya Motor merupakah salah satu bengkel
service mobil yang terletak di daerah Soreang, dengan jam operasional 08.00 – 17.00 pada hari
Senin sampai dengan Sabtu. Dalam menjalankan usahanya, Bengkel Adi Karya Motor memiliki
kendala yang salah satunya adalah banyaknya pelanggan yang kurang nyaman terhadap lamanya
waktu menunggu servicedi bengkel. Hal itu terjadi karena terbatasnya tenaga kerja yang ada dan
tidak sebanding dengan banyaknya jumlah kendaraan yang masuk bengkel. Sehingga hal tersebut
mempengaruhi lamanya waktu menunggu antrian dan pelanggan tidak mengetahui kapan
kendaraan mereka akan selesai diperbaiki. Selain itu, Bengkel Adi Karya Motor juga dirasa kurang
dalam pemanfaatan teknologi internet yang berkembang pada saat ini, sehingga Bengkel Adi
Karya Motor perlu membangun sistem informasi yang dapat memudahkan para pelanggan dalam
melakukan booking service. Dalam proyek akhir ini akan dibangun aplikasi yang dapat menangani
permasalahan-permasalahan di atas, yang mana dapat membuat penjadwalan service pelanggan,
dapat melakukan pengingatakn jadwal service pelanggan yang dikirimkan via WhatsApp, dan
dapat mencatat history pelanggan. Pembuatan proyek akhir ini dikembangkan menggunakan
metode Software Development Life Cycle (SDLC) atau disebut juga siklus pengembangan
perangkat lunak menggunakan pendekatan model prototype dan diimplementasikan dengan
Bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box
Testing terhadap fungsionalitas aplikasi dan hasil dari penguji sudah sesuai dengan kebutuhan.
Kata Kunci: Pelayanan Jasa Service, Penjadwalan Service, Notifikasi WhatsApp, SDLC, PHP, MySQL