E-Learning atau electronic learning merupakan salah satu sarana yang dibutuhkan dalam proses
pembelajaran saat ini. Dengan demikian, pengembangan E-Learning menjadi salah satu hal yang penting untuk
dilakukan, salah satunya bagaimana agar E-Learning tetap diminati dan menjadi sarana utama yang selalu
dikunjungi oleh pengguna dalam proses pembelajaran. Interface atau antarmuka merupakan hal yang penting
dalam menciptakan suatu kualitas pembelajaran berbasis virtual. Hal yang harus dilakukan untuk membangun
suatu E-Learning yaitu interaksi antara pengguna dan komputer, dengan memperhatikan aspek grafik, layout dari
informasi dan logika dalam bernavigasi. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang interaksi antarmuka
berdasarkan Personality Trait pada aplikasi pembelajaran. Penulis menggunakan pendekatan Big Five personality
yang digunakan sebagai instrumen untuk mengukur personality pengguna. Metode perancangan interaksi yang
digunakan yaitu UCD atau User Centered Design. Metode ini melibatkan user atau pengguna dari awal hingga
akhir proses. Terdapat 5 tahapan pada UCD yaitu, plan the human centered process, specify the context of use,
specify user and organizational, product design solution, evaluate. Prototype aplikasi kemudian diujicobakan dan
dievaluasi menggunakan E-Learning Usability Scale (EUS) untuk mengukur kebergunaan antarmuka E-Learning
yang dibuat.