PERANCANGAN SISTEM ANALISIS UNTUK PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE BILL OF LABOR APPROACH PADA PRODUKSI RAMPDOOR PANSER DI PT.PINDAD (PERSERO)

AGUNGBUDI RAHARJO

Informasi Dasar

21.04.3945
005.43
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT.Pindad (Persero) yang berlokasi di Jalan Terusan Gatot Subroto No.517 Kebon Kangkung, Sukapura, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat adalah perusahaan industri yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia. Perencanaan kapasitas produksi menggunakan metode konvensional yang dilakukan bagian Machining di divisi Kendaraan Khusus PT.Pindad (Persero) menyebabkan kapasitas produksi yang tersedia tidak seimbang dengan kebutuhan produksinya, sehingga menyebabkan terjadinya kekurangan kapasitas produksi dibeberapa periode yang menyebabkan produksi Rampdoor tidak mencapai target produksi. Karena itu, dibutuhkan perbaikan perencanaan kapasitas produksi untuk mengatasi masalah tidak tercapainya target produksi Rampdoor. Perbaikan perencanaan kapasitas untuk produksi Rampdoor menggunakan suatu aplikasi yang dapat menghitung kapasitas tersedia dan kebutuhan kapasitas sebelum produksi berlangsung dengan menggunakan metode Bill Of Labor Approach (BOLA). Dengan bantuan aplikasi, maka pengguna dapat mengetahui apakah permintaan produksi dapat terpenuhi atau tidak oleh kapasitas yang tersedia. Hasil dari aplikasi adalah berupa kapasitas tersedia, kebutuhan kapasitas, status yang menunjukan kapasitas produksi cukup atau tidak, selisih kapasitas, dan kebutuhan kerja lemburnya. Berdasarkan perhitungan dan analisis, ditemukan kekurangan kapasitas produksi pada bulan Februari, Maret, April, Mei, Juni, dan Agustus.

Kata Kunci : Perencanaan Kapasitas Produksi, Rough Cut Capacity Planning (RCCP)

Subjek

ANALYSIS AND DESIGN SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM ANALISIS UNTUK PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE BILL OF LABOR APPROACH PADA PRODUKSI RAMPDOOR PANSER DI PT.PINDAD (PERSERO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUNGBUDI RAHARJO
Perorangan
Murni Dwi Astuti, Widia Juliani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini