PENGEMBANGAN APLIKASI E-FINANCE MEMPERMUDAH ADMINISTRASI KEUANGAN BERBASIS WEB DENGAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL (STUDI KASUS RUMAH MAKAN XYZ)

NOVIAH PUTRI HAERUNYSAH

Informasi Dasar

21.04.3981
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini menjadi salah satu hal penting dalam perekonomian di Indonesia. Dimana dengan adanya UMKM dapat menciptakan lapangan pekerjaaan baru dan dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Saat ini tidak hanya dengan mengembangkan inovasi bisnis saja akan tetapi UMKM juga harus dibantu dengan teknologi aplikasi untuk bersaing dengan pangsa pasar saat ini. Masih begitu banyak UMKM yang menjalankan usaha secara offline dan belum menggunakan teknologi aplikasi atau dengan secara online. Usaha rumah makan xyz saat ini sudah menggunakan teknologi aplikasi yaitu pawoon, dimana aplikasi ini digunakan untuk memantau data usaha yang sedang berjalan saat ini. Akan tetapi belum terdapat laporan hingga perhitungan laba bersih, untuk laporan laba bersih pada usaha rumah makan xyz masih menggunakan microsoft excel maka dari itu perlu dibuatkan dalam sistem. Untuk memfasilitasi owner dalam hal laporan pendapatan laba bersih maka aplikasi e-finance yang akan dikembangkan yaitu laporan yang sudah terhitung data penjualan dan data pengeluaran akan menghasilkan jumlah pendapatan laba bersih bulan maupun tahun. Pada penelitian ini merancang aplikasi berbasis web dengan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu metode iterative incremental berdasarkan software requirement. Dengan menggunakan bahasa pemrograman php, mysql sebagai database, dan untuk framework sistem yaitu codeigniter Untuk melakukan testing aplikasi e-finance dengan menggunakan metode user acceptance testing. Hasil akhir dalam pengembangan aplikasi e-finance dapat mengelola data keuangan dalam usaha rumah makan xyz yang akan menghasilkan biaya laba bersih yang di dapatkan oleh owner perbulan maupun pertahun.

Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Aplikasi, E-Finance, Web, Codeigniter, User Acceptance Testing, Iterative Incremental

Subjek

CYBERNETICS
 

Katalog

PENGEMBANGAN APLIKASI E-FINANCE MEMPERMUDAH ADMINISTRASI KEUANGAN BERBASIS WEB DENGAN METODE ITERATIVE INCREMENTAL (STUDI KASUS RUMAH MAKAN XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVIAH PUTRI HAERUNYSAH
Perorangan
Nia Ambarsari, Faishal Mufied Al Anshary
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini