ADS-B adalah sebuah sistem pemantauan (surveillance) penerbangan nir radar.
Pesawat udara yang dilengkapi dengan sebuah transponder mengirimkan data penerbangan
secara otomatis (automatic). Data penerbangan seperti posisi dan kecepatan diperoleh dari
sistem satelit navigasi GNSS (Global Navigation Satellite System). Data penerbangan yang
dipancarkan secara broadcast ini akan diterima dan diproses oleh stasiun penerima (ground
station). Terminologi dependent menyatakan bahwa data penerbangan bukan diinisiasi oleh
ground station (sebagaimana layaknya sistem radar), melainkan oleh pesawat udara.
Sistem ADS-B ini juga memungkinkan komunikasi data antar pesawat udara. Pada
sistem ADS-B untuk bagian grounstation merupakan sistem penerima dari data yang di
kirimkan pesawat pada frekuensi 1090 MHz menggunakan antena sebagai media penerima
dari sinyal yang dikirimkan dari pesawat.
Antena merupakan salah satu perangkat yang berperan penting bagi komunikasi ADSB ini, penerimaan signal terpenuhi, dengan perkembangan antena yang mengarah ke Gain
dan bandwidth yang besar. Antena ini bekerja pada frekuensi 1090 MHz menggunakan
substrat FR4. Antena mikrostrip akan dibuat simulasi dengan menggunakan software CST
Suite Studio yang hasilnya akan direalisasikan kedalam bentuk fisik.
Berdasarkan simulasi pada CST Studio Suite pada frekuensi 1090 MHz didapatkan
nilai return loss sebesar -36,639 dB, VSWR sebesar 1,029, bandwidth sebesar 151,7 MHz
dan gain sebesar 4,64 dBi dengan pola radiasi omnidirectional dan polarisasi linear
vertikal. Sedangkan pada pengukuran didapatkan nilai return loss sebesar -27,89 dB,
VSWR sebesar 1,089, bandwidth sebesar 191,75 MHz dan gain sebesar 4,18 dBi dengan
pola radiasi omnidirectional dan polarisasi elips.
kata kunci : software CST Suite Studio, ADS-B, Antenna Mikrostrip, Pesawat