Prencanaan Jaringan LTE-Advanced Menggunakan Metode Inter-Band Carrier Aggregation Pada Frekuensi 1800MHz dan 2100MHz di Braga (Alun-alun Balaikota)

RISKA ALI PRADIWI

Informasi Dasar

21.06.542
600
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Penggunaan teknologi oleh manusia dalam menyelesaikan pekerjaan, merupakan hal yang menjadi keharusan dalam kehidupan. Dampak utama penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari adalah tingginya volume trafik . Oleh karena itu dibutuhkan suatu jaringan yang dapat memenuhi kebutuhan akan kapasitas dan mobilitas yang tinggi dalam proses komunikasi sehingga masalah akan kebutuhan trafik dapat terpenuhi. Pada proyek akhir ini dilakukan perencanaan Carrier Aggregation Inter-Band pada jaringan LTE (Long Term Evolution) dengan menggabungkan dua buah frekuensi yang berbeda yaitu 1800MHz dan 2100MHz pada Operator 3. Carrier Aggregation Deployment Scenario 2 (CADS 2) diimplementasikan sebagai skenario untuk menghasilkan perancangan jaringan terbaik di wilayah Brga (Alun-alun Balaikota). Simulasi perencanaan ini akan dilakukan menggunakan software Atoll 3.3.0 dengan memperhatikan nilai parameter RSRP, SINR, dan khususnya Throughput. Hasil dari simulasi perencanaan berdasarkan skenario yang telah ditentukan dalam proyek akhir ini, yaitu dengan adanya kenaikan presentasi nilai rata-rata RSRP sebesar 29,52%, SINR sebesar 10,94%, Downlink Throughput sebesar 119,58%, dan Uplink Throughput sebesar 256,48%.

Subjek

CELLULAR TECHNOLOGY
 

Katalog

Prencanaan Jaringan LTE-Advanced Menggunakan Metode Inter-Band Carrier Aggregation Pada Frekuensi 1800MHz dan 2100MHz di Braga (Alun-alun Balaikota)
 
iv, 86p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISKA ALI PRADIWI
Perorangan
Hasanah Putri, Yanuar Christiary
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini